Multi Talenta, Caleg Demokrat Sumardi SH Ternyata Pelaku Seni

Berita Egatama — Sumardi,SH,nama sudah tidak asing di dunia politik khususnya diwilayah Kabupaten Kulon Progo. Mantan anggota Legislatif periode 2004/2009 ini ternyata juga seorang seniman kesenian tradisional.
Baca : Berita Terbaru Nasional
Disela-sela kesibukannya menjadi seorang pengusaha toko bangunan, ternyata Sumardi SH yang kini tengah menjadi Caleg DPRD. Tingkat I dari Partai Demokrat ini juga masih meluangkan waktunya untuk menggeluti hobbinya sebagai seniman kesenian tradisional kethoprak.

Sejumlah panggung kethoprak sudah pernah dirasakan hingga tercetus beberapa program untuk melestarikan kesenian rakyat tersebut. Saat dihubungi pada Selasa 18/12/2019 Sumardi SH yang juga mantan Kades Tanjung Harjo ini mengungkapkan beberapa hal yang diprogramkan.
Dari pengalaman sebagai seniman kethoprak yang sudah malang melintang di dunia seni, ternyata kethoprak masih memiliki penggemar fanatik, namun keberadaan kelompok kesenian tersebut ibarat hidup enggan mati pun tak mau.

"Dari yang saya alami pas pementasan masih banyak yang menggemari kesenian ini. Tapi kelompok kesenian ini sering kali tambal sulam pemain dari kelompok luar. Hal ini yang menjadi keprihatinan saya dan nanti perlu kita suport agar keberadaan kelompok kesenian kethoprak benar-benar memiliki regenerasi yang berkelanjutan,"papar Sumardi SH.
Baca : Info Seputar Trik & Tips
Dengan pengalaman yang sudah cukup matang, Sumardi,SH nantinya berencana memprogramkan adanya regenerasi seniman yang berkelanjutan serta berbagai macam sarasehan para pelaku seni, agar tiap kesenian tradisional yang terus tumbuh dan berkembang ditengah - tengah kehidupan masyarakat tetap lestari sebagai sarana media hiburan, maupun media pendidikan dan sosial.

"Saya memang sudah inventarisir beberapa kendala yang dialami oleh seniman kethoprak maupun kelompok kesenian itu sendiri. Dan nantinya kita akan carikan solusi agar keberadaan kesenian tradisional ini bisa lebih digemari dikalangan generasi muda,"pungkas Sumardi. SH

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments