Festival Padang Bulan Kulon Progo Tampilkan Seni Gejog Lesung

Berita Egatama | Berita Terkini Terpercaya

Festival Padang Bulan Kulon Progo Tampilkan Seni Gejog Lesung

Berita Egatama —  Gejog Lesung merupakan seni budaya lokal yang saat ini keberadaanya mulai tidak terlihat karena perkembangan zaman dan minimnya minat dari generasi muda.

Namun begitu Pemkab Kulon Progo berupaya melestarikan seni budaya lokal gejog lesung tersebut, salah satunya dengan melalui lomba yang di kemas dalam Festival 'Padang Bulan'.

Jazil Ambar Wasan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kulon Progo mengatakan bahwa gejog lesung ini sangat jarang ditemui karena minimnya minat masyarakat.

“Orang yang terdahulu kesulitan mewariskan kesenian ini, karena karena gejog lesung sebagai instrumen utama dan semakin jarang ditemui,”katanya, Sabtu (27/10/2018).

Selain itu, Untung Waluyo, kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Mengatakan pemerintah Kulon Progo berusaha dan berupaya untuk selalu melestarikan kesenian gejog lesung, salah satunya melalui lomba yang di kemas dengan tema Festival Padhang Bulan.

“Festival ini digelar dikarenakan pada saat zaman dahulu masyarakat Jawa bergembira suka ria saat bulan purnama, salah satunya dengan melalui gejog lesung ini.

Gejog Lesung ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warga masyarakat Kulon Progo, sehingga kesenian ini akan coba terus dilestarikan untuk ke depannya, Pungkas Untung. [ Redaksi ]
Hari Minggu, 28 Oktober 2018
Oleh
Rating
★★★★★

Komentar Anda

Messenger

Silahkan Kirim Pesan×