Logo Berita Egatama
Dari Kulon Progo Ke Jakarta Mendampingi Jokowi Membangun Bangsa
Berita Terbaru Berita Egatama —  Calon Wakil Presiden yang diusulkan oleh sekian banyak orang selalu berkisar dan melingkar-lingkar di Jakarta. Dalam arti, hampir semua calon Wakil Presiden yang diusulkan oleh warga adalah para politisi atau pengusaha yang tinggal di Jakarta. Mereka sudah lama berkecimpung di dunia mereka masing-masing, sepak terjang mereka sudah dikenal oleh banyak orang.

Hal yang demikian itu sedikit banyak membuat warga merasa bosan. Mereka berpikir, mengapa tokoh yang dipilih hanya itu-itu saja. Tidak ada penyegaran. Tidak ada regenerasi. Mereka menginginkan nama-nama baru yang belum terpapar oleh radiasi perpolitikan nasional. Dan yang pantas mengisi kekosongan tersebut adalah tokoh-tokoh daerah. Tokoh daerah yang tidak tersangkut oleh ‘jahatnya’ dan ‘culasnya’ pentas politik di ibukota.

Sebagaimana kisah ‘The Untouchables’, tokoh daerah sangat mungkin diperlukan untuk memberi suntikan baru, memberikan semangat baru. Namun, selama ini, jarang sekali tokoh dari daerah yang muncul ke pentas nasional, sehingga memunculkan pertanyaan, tidak adakah calon yang mumpuni untuk mendampingi Jokowi.
Tidak adakah tokoh daerah yang memang pantas untuk mendampingi Jokowi? Tidak adakah nama baru di dunia politik yang pantas menjadi Wakil Presidennya Jokowi?
Beberapa waktu yang lalu, muncul sebuah nama yang mempromosikan diri untuk menjadi Calon Presiden. Yang bersangkutan bahkan sudah keliling ke daerah-daerah lain untuk memperkenalkan diri. Namun apa daya, tidak banyak prestasi yang diperoleh oleh yang bersangkutan. Bahkan daerah yang dia pimpin menjadi salah satu daerah yang paling terbelakang di Indonesia, menjadi salah satu daerah yang paling rendah kemajuan ekonominya.

Dan yang lebih ‘menakjubkan’ lagi, yang bersangkutan saat ini sedang diperiksa dalam kasus korupsi. Memang masih sebatas saksi, tetapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi tersangka. Seandainya pun yang bersangkutan tidak menjadi tersangka, kasus itu menodai jalannya mempromosikan diri untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Atau menjadi nomor dua, untuk mendampingi Jokowi.

Berkaca dari kasus tersebut, masih adakah tokoh daerah yang bisa menjadi calon Wakil Presiden Jokowi?
Ada. Dan dari daerah yang sangat tidak diperhitungkan. Yaitu sebuah kawasan di Yogyakarta, sebuah kabupaten di bagian barat Yogyakarta. Kulonprogo.
Ya, nama tokoh tersebut adalah Hasto Wardoyo, Bupati Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Nama lengkapnya dr. Hasto Wardoyo Sp.OG. Dan beliau dokter sungguhan, bukan dokter-dokteran alias dokter gadungan bin abal-abal. Sebelum menjabat sebagai Bupati, beliau berprofesi sebagai dokter kandungan.

Lalu, siapakah Hasto Wardoyo itu?

Hasto Wardoyo lahir di Kulon Progo dari keluarga yang biasa-biasa saja. Beliau memiliki 8 (delapan) saudara, dan merupakan anak dari petugas kehutanan di Kokap. Sejak beliau duduk di bangku kelas 3 (tiga) SD hingga 3 (tiga) SMA, pekerjaannya selain menimba ilmu adalah menggembalakan kambing. Kakak-kakak beliau tidak ada yang kuliah, sehingga beliau memiliki cita-cita untuk bisa kuliah tanpa tes. Sehingga meskipun beliau sibuk menggembala kambing, beliau meluangkan waktunya untuk belajar. Hingga pada akhirnya beliau diterima di IPB tanpa tes. Namun, baru 3 (tiga) bulan beliau kuliah di IPB, beliau mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru di UGM, dan beliau diterima di jurusan Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran.

Saat menjadi mahasiswa, beliau merupakan sosok yang penuh dengan perjuangan. Jika mengingat masa kuliahnya, maka yang beliau ingat adalah kambing-kambingnya sudah habis saat beliau di semester 3 karena untuk membiayai berbagai keperluan kuliah. Saat di kampus, beliau bukan termasuk mahasiswa yang hanya belajar saja. Beliau aktif di beberapa kegiatan. Hal tersebut dibuktikan dengan perannya sebagai Ketua Senat Mahasiswa FK pada masa itu. Yang menjadi prinsip beliau adalah, selalu memilih yang sulit daripada yang mudah.

Prinsip itu terus mengikutinya hingga di akhir masa perkuliahan. Saat dokter lain berlomba-lomba melakukan praktik di kota atau rumah sakit ternama, maka Hasto muda memilih jalan yang penuh perjuangan. Ketika diminta memilih akan ditempatkan di Jawa atau luar jawa, beliau dengan mantap memilih luar jawa. Di pedalaman atau kota? Maka pedalaman jawabannya. Hingga akhirnya beliau ditempatkan di pedalaman Kalimantan untuk kurang lebih 4,5 tahun.
Perjalanan pendidikannya, membuat beliau memahami arti hidup miskin. Dan pengalaman hidup tersebut membuat beliau memiliki berbagai terobosan untuk mengangkat harkat hidup masyarakat di daerah yang beliau pimpin.

Sejak memenangkan pemilukada tahun 2011, Hasto Wardoyo lantas membuat gerakan kemandirian yang diberi nama Bela Beli Kulon Progo yang diluncurkan pada pertengahan 2012.

Inti dari gerakan tersebut ialah menguasai pasar lokal dengan produk-produk lokal Kabupaten Kulon Progo, sepanjang potensi lokal mampu memproduksi. Adapun makna filosofis dari Bela Beli Kulon Progo adalah jika ingin membela Kabupaten Kulon Progo, caranya dengan membeli dan mencintai produk sendiri.

Hasil dari program tersebut memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kesejahteraaan dan kemandirian di Kabupaten Kulonprogo.

Menjamin peningkatan pendapatan petani
Bupati Hasto Wardoyo mewajibkan Pegawai Negeri Sipil di jajaran Pemkab Kulonprogo untuk membeli beras secara langsung dari petani Kulonprogo, minimal 10 kilogram setiap bulannya. Selain itu, Bupati juga mewajibkan Bulog Kabupaten Kulonprogo untuk membeli beras persediaan Bulog dari petani Kulonprogo.

Bulog tidak diperbolehkan mendatangkan beras dari daerah lain. Dengan kewajiban itu, otomatis petani Kulonprogo terjamin kelangsungan hidupnya. Mereka tidak akan lagi kesulitan untuk menjual hasil panen mereka. Dan hasil panen merekan pun dibeli dengan harga yang sewajarnya, yang tidak merugikan petani.

Selain itu, dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Pemkab Kulonprogo, makanan yang disajikan pun haruslah produk asli kabupaten tersebut. Jadi dalam setiap kegiatan Pemkab Kulonprogo, Anda akan menjumpai makanan tradisional semisal geblek, ketelu rebus, pisang rebus, dan lain-lainnya.

Pengrajin Batik Kebanjiran Order
Sebagaimana daerah lain di Yogyakarta, Kulonprogo pun memiliki batik khas Kulonprogo, yaitu Geblek Renteng. Namun penghidupan para pengrajin batik tidaklah menggembirakan.

Saat program Bela Beli Kulonprogo dicanangkan, tidak banyak ditemukan pengrajin batik di Kulonprogo. Namun sekarang, jumlah pengrajin batik meningkat pesat. Omset mereka pun meningkat drastis karena program tersebut.

Untuk mengangkat derajat pengrajin batik ini, Bupati Hasto Wardoyo mewajibkan semua pegawai dan pelajar di Kulonprogo untuk mengenakan batik Geblek Renteng pada hari-hari tertentu setiap minggunya.

Alhasil, para pembatik pun seperti ketimpahan rejeki luar biasa. Bahkan mereka mulai kewalahan dalam memenuhi pemesanan. Berkat program ini, ratusan miliar pun mengalir deras ke kantong-kantong pengrajin yang kini jumlahnya sudah mencapai puluhan.

Air Mineral AIRKU
Kulonprogo diberkahi dengan wilayah yang penuh dengan sumber air. Namun sumber-sumber air tersebut belum diberdayakan secara maksimal. Hanya dipakai sebagai sumber pengairan.

Bupati Hasto Wardoyo pun memaksimalkan sumber air tersebut dengan membuat program air kemasan siap minum bernama AirKu (Air Kulonprogo). Demi keberlangsungan produk tersebut, jajaran Pemkab Kulonprogo mewajibkan pegawainya untuk minum air tersebut. Kantor-kantor di jajaran Pemkab Kulonprogo menggunakan produk AirKu, bukan yang lain.

Respon masyarakat terhadap produk air kemasan ini sungguh fantastis. Rakyat Kulonprogo beramai-ramai mengonsumsi air kemasan tersebut. Sebagai bentuk kebanggaan dan wujud cinta daerah.

Saat ini AirKu mulai melakukan ekspansi besar karena permintaannya yang besar. Program ini pun menyumbang banyak sekali bagi pemerintah daerah.

Angka Kemiskinnan Menurun
Sejak jabatan Bupati dipegang oleh Hasto Wardoyo, angka kemiskinan di Kabupaten Kulonprogo turun secara signifikan. Berdasarkan data tahun 2014, angka kemiskinan menurun sebesar hampir 6 presen, dari 22,54 di tahun 2013 persen menjadi 16,74 di tahun 2014. Dan angka tersebut terus menurun setiap tahunnya.

Selain kemajuan-kemajuan secara ekonomis seperti saya sebutkan di atas, ada beberapa program lainnya yang memperlihatkan sisi kemandirian Kabupaten Kulonprogo.

Menerapkan Perda Anti Rokok
Rokok, diakui atau tidak, menyumbanng banyak sekali pendapatan bagi daerah. Baik berupa iklan rokok ataupun pabriknya.

Dengan berani, Bupati Hasto menerapkan Perda Anti Rokok. Perda ini bukan hanya melarang orang-orang untuk merokok di sembarang tempat. Tetapi juga melarang adanya iklan rokok di seluruh kawasan Kabupaten Kulonprogo.

Keputusan ini merupakan keputusan yang sangat berani. Karena tanpa adanya iklan dari rokok, pendapatan Kabupaten Kulonprogo berkurang sangat banyak. Tetapi Bupati tetap teguh berpegang pada aturan yang beliau buat.

Alasan beliau menolak iklan rokok tersebut adalah iklan tersebut bisa berpengaruh besar pada moral dan kesehatan masyarakat. Beliau tidak ingin mengorbankan rakyatnya hanya demi pendapatan yang besar dari iklan rokok.

Pelayanan Kesehatan Untuk Semua Kalangan
Semua orang, kaya maupun miskin, besar atau kecil, semuanya sama. Semuanya mendapatkan perlakuan yang sama. Mereka mendapatkan asuransi sebanyak lima juta untuk masing-masing orang.

Program yang diberi nama Universal Coverage ini membuat semua warga mendapatkan pelayanan yang sama di rumah sakit. Warga miskin pun bisa dirawat di kelas 1 sebuah rumah sakit bila memang tidak terdapat kamar untuk menampung mereka. Bahkan mereka pun bisa dirawat di ruang VIP rumah sakit.

Program-program yang dibuat oleh Hasto Wardoyo tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh para penduduk Kulonprogo. Karena itu, tidaklah mengherankan bila beliau terpilih sebagai Bupati Terbaik tahun 2016 versi Jawa Pos.

Pada tahun yang sama, beliau mendapatkan penghargaan dari Presiden Jokowi sebagai salah satu kepala daerah terbaik di Indonesia.

Sebagai seorang bupati yang moncer, beliau tidak melupakan pekerjaan lamanya. Di sela-sela kesibukannya, selepas jam kerja sebagai Bupati Kulonprogo, beliau kembali bekerja sebagai dokter kandungan di klinik yang didirikan beliau. Dan gratis.

Warga yang memeriksakan kandungan mereka kepada beliau, tidak dipungut biaya jasa dokter. Warga hanya ditarik biaya yang lain. Seandainya hanya memeriksakan kandungan tanpa ada obat-obatan, mereka tidak dipungut biaya.

Bagi beliau, suatu ilmu akan berguna saat kita menggunakannya untuk kepentingan orang banyak. Banyak orang pintar tetapi tidak bisa mengamalkan kepintarannya untuk orang lain. Jika seperti itu, apalah gunanya ilmu yang dimiliki. Dan ilmu yang beliau miliki, kini beliau bagikan ke orang banyak. Kepada masyarakat Kulonprogo, dan kepada warga yang memeriksakan kandungannya. Tanpa biaya.

Bupati yang hebat itu tetap rendah hati. Beliau berkarya memajukan wilayahnya tanpa banyak gembar-gembor, tanpa banyak kata. Beliau tetap bekerja dengan rendah. Dan orang yang seperti ini, pantas mendampingi Jokowi menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kelemahannya hanya satu, yaitu beliau berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), partainya Presiden Jokowi. Tetapi kalau memang tidak ada yang lebih baik, buat apa mencari yang lain?
Sumber Berita : Di Sini
Siapa yang tidak kenal facebook ? Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia, Selain itu, Facebook juga merupakan situs yang paling sering dan banyak diakses di dunia. Hanya saja masih kalah dengan Google dan Youtube.Suksesnya Facebook ini juga karena hadirnya beragam fitur di media sosialnya. Fitur yang dihadirkan Facebook terbilang lengkap dibandingkan dengan media-media sosial lainnya. Termasuk salah satunya fanspage dan juga group Facebook.Sehubungan adanya fitur tersebut maka kami pun atas nama Egatama pada tanggal 14/11/2014 memanfaatkan media sosial facebook dengan membuat group di fitur Facebook yang kami beri nama Berita Kulon Progo Terbaru { BKPT }.BKPT bertujuan sebagai wadah dimana diharapkan bisa saling memberikan informasi dan berita yang positif dari warga kulon progo untuk kita semua , dengan moto Dari Kita Untuk Semua.Group BKPT saat ini sudah beranggotakan ratusan ribu, anggota tersebut berasal dari warga Kulon Progo yang berada di wilayah kulon progo maupun yang sedang merantau di luar Kulon Progo.Namun ada juga anggota group yang berasal dari luar daerah Kulon Progo yang menginginkan untuk mengetahui perkembangan Kulon Progo , apalagi saat ini dengan adanya pembangunan bandara NYIA Kulon Progo BKPT di harapkan bisa ikut peran serta memberikan informasi berita yang tepat cepat dan akurat serta bermanfaat untuk warga Kulon Progo. Setiap anggota group BKPT juga di harapkan bisa mematuhi aturan aturan group yang telah di buat oleh ADMIN agar terbebas dari BANNED ADMIN. Berikut Peraturan Group Facebook Berita Kulon Progo Terbaru :1. Dilarang melakukan posting masalah SARA ( Suku, Agama, Ras dan Golongan ) di semua postingan, baik di wall maupun di komentar.2. Dilarang melakukan posting Iklan di Group FB BKPT, postingan iklan dapat dilakukan di Group Jual Beli Terlaris Jogja (JBTJ) kecuali iklan yang di lakukan oleh pengurus Group FB BKPT atau iklan berbayar.3. Dilarang posting tentang razia/pemeriksaan kendaraan bermotor yang di lakukan Oleh POLRI.4. Dilarang posting Link / Tautan , jika link / tautan berita atau info itu ada manfaat positifnya untuk semua silahkan kopi paste di sini .5. Dilarang berkampanye yang berbau POLITIK yang menyebabkan PRO dan KONTRA.6. Dilarang melakukan perekrutan apapun bentuknya, termasuk lowongan pekerjaan, relawan komunitas/lembaga/diklat ataupun kepentingan lain kecuali sudah ada koordinasi dengan pengurus BKPT.7. Dilarang posting atas nama komunitas lain atau mempromosikan group/komunitas lain tidak diperkenankan, bila ada kepentingan silakan posting sebagai member BKPT.8. Dilarang posting dengan topik yang sama dalam waktu berdekatan.9. Dilarang mengaku - ngaku sebagai admin yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang tidak kondusif maupun untuk keuntungan pribadi lainnya. 10. Dalam berinteraksi , baik itu di Wall maupun melakukan komentar harus tetap Fokus pada topic / thread yang ada serta tidak menjadikan topic / thread tersebut sebagai bahan candaan.11. Postinglah berdasarkan Etika dan Norma - norma sopan - santun yang berlaku pada masyarakat umumnya dengan menggunakan kata - kata yang pantas , harus bijaksana dan saling menghargai serta tidak saling menyakiti dan tidak saling mengejek serta selalu menjunjung tinggi rasa persahabatan dan rasa kemanusiaan dalam berinteraksi dengan member lainnya .12. Tidak memposting hal - hal yang berbau pornografi ataupun mencantumkan link - link bermuatan pornografi dan semacamnya.13. Saling mengingatkan bila ada member yang dirasa postingannya bakal menimbulkan kerawanan ataupun sudah terbukti menyerang pihak lain.14. Jaga suasana interaksi di Group FB BKPT agar tetap kondusif, bila menemukan hal - hal yang bisa merugikan keberadaan kita bersama di group ini mohon untuk melaporkannya pada pengurus Group.15. ADMIN tidak bertanggung jawab atas postingan dan atau komentar yang tidak mengikuti aturan dan atau melanggar UU ITE. Tanggung jawab atas pelanggaran aturan dan atau melanggar UU ITE menjadi tanggung jawab pemilik akun facebook yang melakukan posting ataupun komentar.Admin / Pengurus berhak menghapus tanpa konfirmasi posting/komentar dengan alasan tertentu atau melanggar ketentuan di atas.Group BKPT selalu dipantau oleh banyak pihak.Harap perhatikan sebelum posting maupun komentar Anda...............Terimakasih(ADMIN)Agenda berbuka puasa, merupakan agenda yang giat dilakukan setiap bulan Ramadan tiba. Masyarakat umum, suatu komunitas, bahkan para pejabat pun sering mengadakan kegiatan berbuka puasa bersama tersebut. Seperti yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Yogyakarta yang melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama di bilik kayu resto jalan timoho II no 72 muja muju umbulharjo yogyakarta. Agenda kegiatan pun dilaksanakan dengan begitu syahdu dan penuh canda tawa oleh para anggota komite maupun dengan para tamu undangan yang hadir. selain buka bersama juga sekaligus rapat pengurus DPD KNPI DIY.Ketua KNPI Fitroh Nurwijoyo, mengatakan jika acara buka bersama tersebut merupakan bentuk kegiatan rutin yang sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi sesama anggota komite.“Ini semua berkat swadaya kawan-kawan pengurus yang berada di struktur DPD, mereka saling membantu satu sama lainnya terkait acara bukber ini, maupun rangkaian acara yang dilaksanakan selama Ramadan ini,” ucapnya. Persiapan berbuka puasa bersama pun telah disiapkan sedemikian rupa, mulai dari penyiapan tempat untuk berbuka dan melakukan shalawat, serta salat berjamaah, juga pembagian tugas menyiapkan hidangan yang nantinya akan disajikan untuk berbuka puasa. Terlihat begitu cekatan dan semangatnya para anggota komite mengadakan kegiatan tersebut. Dikatakan Fitroh, juga bahwa tamu undangan yang hadir antara lain, Pengurus dari DPD, Pengurus dari KNPI sendiri, juga hadir dari perwakilan beberapa organisasi - organisasi .“Ini sebagai agenda rutin yang kami laksanakan setiap tahun”, tambahnya. Harapan kami semoga ke depannya, acara ini menjadi agenda tahunan, yang begitu sangat bermanfaat karena melalui agenda buka bersama ini, merupakan ajang untuk para anggota komite, DPD, dan KNPI maupun para struktur DPK yang berada di kecamatan untuk bersilaturahmi, agenda ini juga dapat dijadikan ajang diskusi teman-teman sekiranya untuk berpendapat mengenai agenda apa saja yang akan di buat dan dilaksanakan lagi kedepannya nanti,Sementara itu acara ini juga di hadiri oleh GKR mangkubumi dan menyampaikan sambutannya dengan harapan semoga dengan knpi bisa bersama - sama membangun indonesia menjadi lebih baik.
Oleh
Rating
★★★★★ Skor: 100% - ‎100.000 suara
KOMENTAR ANDA