Logo Berita Egatama
Jaringan Kabel Fiber Optic Akan Segera Di Pasang Di Kulon Progo
Berita Egatama —  Jaringan kabel fiber optic (serat optik) akan segera dipasang di Kuloprogo. Kepastian itu terungkap saat dialog antara Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo dan perwakilan PT Sumber Utama Fiber Indonesia (Sufi) kemarin. Kabel serat optik tersebut akan segera dipasang untuk menghubungkan 88 desa dan kelurahan se-Kulonprogo.

“Jaringan fiber optic menjadi infrastruktur penting mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya akan dikolaborasikan dengan program pemkab terkait IT (information technology) seperti Satu Data, Smart City dan Mal Pelayanan Publik (MPP),” kata Hasto.

PT Sufi merupakan investor yang membidangi pembangunan data center di Kulonprogo. Pemasangan kabel fiber optic akan menjadi backbone (tulang punggung) sistem IT di Kulonprogo, DIJ dan Jawa Tengah bagian selatan.

Apalagi di Kulonprogo sebentar lagi akan beroperasi bandara internasional. Dalam empat bulan ke depan jaringan fiber optik di 88 desa ditargetkan tersambung. ‘’Sehingga desa-desa always on,” kata Hasto.

Menurut dia, pembangunan jaringan kabel serat optik merupakan momentum tepat dan akan mendukung berbagai layanan. Salah satunya kerjasama Kulonprogo dengan Taiwan terkait sistem online antara Puskesmas Pembantu dengan Rumah Sakit.

“Setelah terpasang, saat pasien dari Puskesmas Pembantu dirujuk ke Rumah Sakit, data pasien sudah tersedia di Rumah Sakit dan itu sangat efektif,” ujar Hasto.

Koneksitas antardesa juga penting. Setelah jaringan terpasang, antardesa bisa terkoneksi terkait perencanaan dan administrasi desa. “Bahkan sangat memungkinkan mendukung bisnis online para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masing-masing desa,” kata Hasto.

Perwakilan PT Sufi Nur Bamadi mengatakan pihaknya serius memasang fiber optic di Kulonprogo. Hal itu tidak terlepas dengan semangat pemkab yang ingin membangun data center.

“Semoga berjalan dengan baik. Sehingga bisa memberi layanan optimal bagi masyarakat. Pemasangan diperkirakan selesai empat bulan. Tergantung situasi di lapangan. Diharapkan bisa terpasang sampai ke desa-desa, termasuk backbone-nya,” kata Bamadi.

Diharapkan pemanfaatan jaringan fiber optic bisa maksimal. Sistem ini menjamin kepastian jaringan tidak putus-putus, sehingga laporan pemerintahan bisa lancar. Mulai masalah e-commerce, desa-desa, produsen-produsen juga bisa memasarkan produknya dengan sistem IT.

“Masyarakat sebagai pengguna bisa memanfaatkan layanan itu dengan sebaik-baiknya,” harap Bamadi.

Sumber : Klik Di Sini
HariSelasa, 01 Mei 2018
JudulJaringan Kabel Fiber Optic Akan Segera Di Pasang Di Kulon Progo
Oleh
Rating
★★★★★
KOMENTAR ANDA